Untuk Natya: fakta fakta tentang Hank, si gurita di film finding dory

Dear Natya Madeena..
Masih inget gak sama Hank, si gurita di film finding dory.?
Kita tau kan di film itu hank bisa merubah warna dan bentuknya ke berbagai benda..cuma di film itu dia gak suka laut lepas..dia lebih milih tinggal di akuarium...



Ternyata, itu bukan asal-asalan Tya...sutradara pasti terinspirasi sama gurita mimic yang emang dia bisa merubah warna dan bentuknya untuk menghindari atau bersembunyi dari musuh. Mimiy kira cuma bunglon yg bisa gonta ganti warna, ternyata gurita yg merupakan hewan paling cerdas di kalangan hewan invertebrata (tak bertulang belakang) juga bisa Tya..


Kenapa bisa dibilang paling cerdas? Tau gak tya ternyata para ilmuwan sudah pernah meneliti gurita utk melewati sebuah labirin (maze) dan ternyata berhasil, dia bisa melakukannya. Itu berarti gurita memiliki kemampuan memecahkan masalah bukan sekedar mengandalkan naluri.

Dan ohya, dulu ada gurita yg disebut sebut sebagai gurita peramal, namanya Paul, tapi sekarang dia udah meninggal. Dulu Paul dipake sama orang orang buat nebak siapa pemenang piala dunia fifa tahun 2010. Hebat kan si gurita?

Mimiy juga inget dialog dory sama hank waktu dia debat soal dory yg pengen ketemu ortunya dan hank pengen label tag yg dipasang di badan dory..
Dory bilang, "untuk orang yang punya tiga jantung, kamu termasuk jahat dan mementingkan dirimu sendiri." Iya Tya...faktanya gurita memang memiliki 3 jantung, dua insang dan 8 lengan( bukan tentakel ya tya) si sepanjang lengannya terdapat lubang lubang penghisap itu yg membedakan dgn yg disebut tentakel. Dan satu lagi Tya, konon katanya gurita itu bisa memakan lengannya satu per satu demi untuk bertahan hidup. Tapi hal ini masih jadi perdebatan antarilmuwan karena pada beberapa jenis lain gurita juga punya mekanisme pertahanan diri seperti cicak yakni memutus ekornya, eh kalo gurita berarti memutus lengannya satu per satu untuk melindungi diri dari musuh..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna filosofis dibalik legenda origami burung (bangau)

Untuk Natya: Sekelumit Cerita tentang  Delman Cianjur

Lampu Gentur, Lampu Termashur dari Cianjur