Minuman unik dari Buah Honje (Kecombrang)

Ada yang tahu buah Honje? Tanaman Honje? Umumnya orang orang mengenalnya dengan nama Kecombrang. Yap, sejenis tanaman rempah mirip tanaman Jahe yang ternyata saya baru tahu banyak sekali olahan kuliner yang bisa dibuat dengan menggunakan tanaman ini. Mulai dari batangnya, daunnya, buahnya hingga bunganya dapat digunakan dalam berbagai macam jenis masakan. Saya sendiri termasuk yang baru tahu tentang tanaman ini, sebab beberapa waktu lalu bebep sempat nitip beliin buah honje ini di pasar tradisional yang seringnya saya gak pernah dapet, dan disini (cianjur) pun dijualnya di tempat perlengkapan kembang-kembang dan nyirih.


Saya sempat post di facebook nanyain honje bisa dimasak apa aja, dan kebanyakan dari mereka jawabnya dimasak untuk sambal. Ada satu yang mengejutkan, seorang teman dari palembang bilang kalo buah honje juga dipake dalam perbumbuan untuk pindang palembang. Well, sungguh baru tahu.

Kalo kebanyakan orang mengolahnya sebagai bumbu dan makanan, maka kali ini kita mengolahnya jadi minuman boleh ya?

Resepnya gak rumit, simpel sekali. Boleh banget dicoba di rumah kalau penasaran rasanya gimana.

Berikut resepnya:
3 kuntum buah honje, geprek, seduh dengan air panas, sisihkan.
5 buah jeruk manis, potong, peras ambil airnya, sisihkan.
Honje yang sudah diseduh tadi ambil airnya saja, kemudian campurkan air perasan jeruk, aduk rata, tambahkan gula sesuai selera.
karena aku suka yang dingin, jadi aku tambahin es batu. Well, minuman honje yang unik ready to serve now. 😃😃

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna filosofis dibalik legenda origami burung (bangau)

Lampu Gentur, Lampu Termashur dari Cianjur

Untuk Natya: Sekelumit Cerita tentang  Delman Cianjur