Membuat Cosmetic Pouch dengan Sentuhan Hand Embroidery

Gegara surfing di pinterest ngeliat hand embroiderry buatan luar negeri yang ciamik-ciamik, jadilah saya latah kepengen bisaan juga. Itulah kekurangan saya, pengen semua bisaa, pengen semua dipelajari, jadinya gak fokus, semua pengen dilahap hihih. tapi untungnya jadi semakin banyak tahu, dan dari semakin tahu jadi makin pengen tahu lagi. Long Live learning...

 

Nah, ngomong-ngomong, sekitar semingguan yang lalu saya bikin pouch kosmetik. Tapi saya pengen ada hand embroidery (bordir tangan/ sulam tangan). Jadilah tercetus ide menggunakan motif nanas untuk hand embroidery nya. Kenapa nanas? karena menurut info yang saya dapat, pada abad ke-16 di Eropa, nanas menjadi simbol persahabatan dan juga dipercaya dapat menjadi pembawa keberuntungan. Walaupun pada akhirnya buah nanas diklaim adalah tanaman khas daerah tropis, tapi ternyata awal mula buah nanas dibudidayakan justru berada di benua Eropa. Dan karena Eropa beriklim dingin, maka nanas menjadi bahan makanan yang eksklusif dan langka.

Untuk bikin pouch ini sendiri, yang kita perlu adalah bahan kain blacu (untuk hand embroidery) dan bahan katun warna lain (sebagai mix match). Karena hand embroidery nanas disini sebagai kunci dari motif kain, maka yang perlu dikerjakan pertama kali adalah membuat sulaman bordir nanas nya terlebih dahulu. Untuk kali ini saya menggunakan benang wol sebagai benang bordirnya dipadu dengan benang jahit biasa untuk motif duri duri pada nanasnya. 

Nah, kalau proses hand embroidery nanas nya idah selesai, baru kita masuk ke proses jahitnya. Tapi eits, sebelum dijahit, saya melapisi kain untuk pouchnya dengan bahan pelapis terlebih dahulu supaya hasil jadinya nanti kokoh. Bahan pelapis yang saya gunakan adalah m33 tangerine, as usual.

Ketika semua sudah siap, lembaran kain sudah diberi pelapis, perintilan yg lain udah ready, baru masuk ke tahap penjahitan, membentuknya menjadi sebuah bangun ruang bernama pouch.😁😁😁

Kalo yang belom tau cara membuat pouch simpel bisa browsing sendiri yah..banyak kok bertebaran di internet..(biar ada sedikit usaha πŸ˜„πŸ˜„)

Sedikit curhat nih, rencana kemarin blace yang udah dibordir nanas ini mau dikombinasi dengan crochet, tapi saya gagal sewaktu penyatuan keduanya karena crochetnya waktu itu terlalu kecil jadi cukup sulit menjahit antara keduanya. Alhasil jadi saya kombinasikan dengan kain berwarna lain..
Jadi tipsnya kalau mau kombinasi crochet, sebaiknya dalam bentuk lembaran saja, jangan berupa alas seperti membuat tas. Tips ini rekomen untuk membuat pouch aja kalo dimensi pouchnya lebih besar mungkin bisa.

Sekian dulu ya, mungkin ada dari temen temen yang mau nambahin dan memberi kritik, boleh banget di kolom komentar.. ditunggu yah πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna filosofis dibalik legenda origami burung (bangau)

Untuk Natya: Sekelumit Cerita tentang  Delman Cianjur

Lampu Gentur, Lampu Termashur dari Cianjur